Komunikasi Bisnis
Komunikasi Bisnis
Komunikasi bisnis merupakan suatu pertukaran informasi, pendapat, maupun gagasan terhadap situasai kondisi tertentu guna mencapai tujuan tertentu. Hal tersebut disajikan oleh seseorang kepada orang lain maupun kelompok ataupun disajikan melalui kelompok kepada seseorang maupun kelompok lain untuk mencapi kesepakan bersama yang telah direncanakan sbelumnya. Komunikasi yang disampaikan bisa berupa komunikasi verbal maupun nonvebal yang akan dilakukan terus-menerus sampai tujuan manajemen organisasinya tercapai.
Untuk mencapai hal tersebut adapun hal-hal yang harus diperhatikan agar komunikasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh si penerima informasi. Dan berikut ini merupakan hal-hal yang harus diperhatikan dalam komunikasi yang di kenal sebagai 5W+1H:
1. What the message? (apa isi pesan nya?)
2. Who the comunicator? (siapa yang menyampaikan?)
3. Whom the receiver? (untuk siapa pesan tersebut ddisampaikan?)
4. When will be present? (kapan pesan terseut akan disampaikan?)
5. Where will be present? (dimana pesan tesebut akan disampaikan?)
6. How the way to be present? ( bagaimana cara penyamapainya?)
Dari setiap aspek-aspek yang telah disampaikan diatas. Di harapka seorang peber pesan dapat menyapaikan pesan dan maksudnya dengan baik sehingga tidak ada kesalahpahaman antra pemberi pesan dan penerima pesan. Aspek-aspek tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain mereka semua saling berkaitan. Penyampaian pesan tergantung pada isi pesan apakah itu sesuai dengan tempat dan penyampaian. Kemudian bagaimana cara penyamapainya, hal tersebut dapat mempengaruhi si penerima pesan akan menyukainya atau tiak da maksud dari isi pesan tersebut tersampaikan atau tidak. Lalu siapa target penerima pesan, apakah anak-anak atau orang dewasa. Perbedaan usia si penerima pesan akan membuat cara penyamapainya juga perbeda. Dan siapa yang akan menyampaikan nya akan mempengaruhi pola bahasa yang akan digunakan nya dalam menyampaika pesan. Hal tersebut diharapkan komunikasi yang terjadi dapat berjalan dengan baik dan juga tepat guna.
Adapun jenis-jenis teknik komunikasi yaitu :
· Komunikasi Informatif
· Komunikasi Persuasif
· Komunikasi Persuasif
Komunikasi terbagi menjadi 2 yaitu:
Ø Komunikasi Verbal : Komunikasi melalui lisan maupu tertulis misalnnya komunikasi lisan yaitu komunikasi yang disampaikan saat presentasi bisnis di suatu acara, selanjutnya komunikasi tertulis yaitu komunikasi yang disampaikan melalui tulisan misalnya lewat majalah, surat kabar, maupun artikel di internet sekalipun.
Ø Konunikasi Non-verbal : Komunikasi yang di sampaikan secara tidak langsung namun melalui isyarat-isyarat tertentu misalnya ekspresi wajah, gerakan tubuh, sandi, warna-warna, maupun intonasi verbal. Komunikasi non-verbal sangatlah menunjang komunikasi verbal. Misalnya:
ü Mengatur alur pecakapan
ü Mengekspresikan emosi
ü Mengedalikan dan mempengaruhi orang lain
Dalam komunikai bisnis terjadi penggabungan antara komunkasi verbal dan non-verbal karena dalam situasi kata-kata yang disampaikan dalam suatu komunikasi biasanya hanya membawa sebagian dari pesan dan dengan adanya dua jenis komunikasi tersebut diharapkan akan terjalin nya suatu penyampaian yang sesuai. Contoh dala penyampaian pesan yang dilakukan oleh seorang pemimpin perusahaan dapat juga di pengaruhi dengan karakteristik suara, penamapilan, gerakan, sentuhan, lirikan, dan ekspresi wajah dapat mempengaruhi seorang pemimpin sehingga dapat menambah wibawa ketika menyampaikan pesan bisnis.
Iklan merupkan salah satu media penyampaian bisnis disamping proposal bisnis.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda